Profile Visi dan Misi Pengurus Anggota Galery Friendfeed You Tube
Case Study Lesson Study PTK Kajian Kritis RPP dan Metoda
Google Yahoo MSN
Blue Sky Simple News Simple News R.1 Simple News R.2 Simple News R.3 Simple News R.4

Jumat, 30 April 2010 | 19.13 | 2 Comments

MALAS UNTUK MENULIS HURUF TEGAK BERSAMBUNG

Oleh : Yeni Rustiani, S.Pd.SD
SDN 1 Bojonglopang

Setiap hari seperti biasa saya pergi kesekolah untuk menjalankan tugas sebagai guru mendidik dan mengajar di sekolah SDN 1 Bojonglopang.
Pada suatu hari, hari senin pukul 7.30 bel tanda masuk berbunyi, anak – anak berbaris di depan kelas, dan masuk ke dalam kelas dengan tertib.
Jadwal pembelajaran pada hari itu temanya “Kegiatan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kompetensi dasar
: menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh dan menyalin. ” dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menulis yaitu menulis tegak bersambung. Sebelum pembelajaran dilaksanakan saya sudah mempersiapkan RPP, LKS dan sumber pendukung lainnya. Untuk membiasakan atau menerapkan tegak bersambung ini sulit.
Sebelum saya memberi tugas menyalin huruf tegak bersambung, saya memberi contoh dulu bagaimana cara menulis huruf tegak bersambung yang benar dan baik.
Dalam kegiatan inti saya memotivasi anak – anak mari kita belajar menulis huruf tegak bersambung, coba anak – anak perhatikan ke papan tulis! Ibu akan memberikan contoh cara menulis huruf tegak bersambung yang baik dan benar, seorang anak berkata “saya malas ah bu menulis cara itu,”kenapa malas, apa alasanmu tidak mau menulis huruf tegak bersambung, susah bu! Kata seorang anak lagi yang bernama Tedi, tetapi ada sebagian anak yang mau.
Anak – anak semua pelajaran juga tidak ada yang susah, asal kita mau belajar. Coba kita belajar, kalau kita mau belajar pasti bisa. Kata saya membujuk anak – anak penuh dengan kesabaran. Ya ... bu. Kata anak – anak menjawab serempak.
Anak – anak akhirnya mau belajar menulis huruf tegak bersambung dengan cara menyalin kalimat yang ada di papan tulis yang di tulis oleh guru.
Waktu anak – anak sedang menulis kalimat di papan tulis dengan huruf tegak bersambung, saya berkeliling melihat pekerjaan anak, dan memberi contoh di tulis di buku tulisnya dan cara menulisnya di beri tahu .
Tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 10.30 pelajaran harus selesai, anak – anak kalau sudah coba bawa ke depan! Anak yang selesai dibawa ke depan hasil pekerjaannya. Dari hasil tulisan anak – anak dalam menulis huruf tegak bersambung masih banyak menulisnya asal jadi saja, tidak dapat dibaca, hurufnya pun tidak membentuk.
Saya menulis kalimat di buku tulis anak dengan tulisan huruf tegak bersambung untuk di kerjakan dirumah sebagai PR.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

MANA CONTOH TULISANNYA

royyan mengatakan...

Iya nih kita perlu tahu tulisan tegak bersambung

Poskan Komentar

silakan tinggalkan komentar anda

 

Copyright © 2010 | KKG Bermutu Gugus Bojonglopang | semua konten dapat disebarluaskan

Merupakan bagian dari PPTK Kabupaten Sukabumi | admin : achmad taopiq s

credits to Herdiansyah Hamzah | Proudly powered by Blogger.com